Tuesday, October 21, 2014

Soal UTS Nomor 2 Creative Thinking

Jelaskan Bagaimana Proses Berpikir Normal. Proses berfikir adalah suatu refleksi yang teratur dan hati-hati, bahkan mengalami fase yang disebut ‘pertimbangan’. Fase pertimbangan itu juga disebut sebagai fase berhitung resiko. Proses berfikir lahir dari suatu rasa sangsi atau ragu akan sesuatu dan keinginan untuk memperoleh suatu ketentuan, yang kemudian tumbuh menjadi suatu masalah yang khas dan bisa diwujudkan dalam tindakan.
Bobot 30 (500 kata)
http://ahlikomunikasi.wordpress.com/2014/10/11/creative-thinking-dasar-logika/




Proses Berpikir Normal
Setiap orang mempunyai kemampuan berpikir, Seperti yang dibilang oleh Plato bahwa "Saya ada karena saya berpikir saya ada"

Manusia yang tidak pernah menemui kesulitan pasti daya saingnya sangat rendah.
Manusia yang memiliki daya saing yang tinggi, pasti memilih kemampuan berpikir yang sangat kreatif
karena pada prinsipnya manusia memiliki jiwa pemenang atas masalah yang dihadapinya.
kekuatan pikiran bisa mengalahkan masalah.

Bagimana Proses Yang Terjadi Ketika Berfikir
Menurut Dewey (1933;12) “ How We Think, D.C. Heath and C”
proses berpikir dari manusia normal yaitu
Timbul rasa sulit
Kemudian rasa sulit tersebut diberi definisi dalam bentuk permasalahan ke dalam suatu pola tertentu, yang dapat timbul sebagai kejeniusan seorang ilmuan.

Proses berfikir ini sudah ada pada sejak didalam kandungan contohnya didalam kandungan bayi dapat mendengar suara-suara ibunya dan informasi itu masuk kedalam memorinya sehingga terjadi respon dari bayi didalam kandungan tersebut.

Psikologi kognitif merupakan hal yang harus difahami dengan baik karena dengan proses berfikir manusia dapat belajar dari kesalahan dimasa lalu dan dari ini kesalahan tersebut menjadi bahan informasi di masa depan agar tidak terulang kembali kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan .

Dari berfikir juga dapat mengembangkan ide-ide yang cemerlang dan manusia juga dapat belajar suatu hal yang baru tentang cara-cara manusia berfikir ketika mempelajari bagaimana manusia memikirkan tentang berfikir.

Banyak sekali pengertian-pengertian tentang kognisi (berfikir) diantaranya adalah:
a kegiatan manusia untuk mengetahui , memperoleh, mengorganisasikan dan menggunakan pengetahuan.
b.memahami mekanisme dalam berfikir manusia.

Dari definisi ini berfikir manusia dapat mengetahui dan bahkan bisa menggunakan pengetahuan.
Contohnya saat ada orang yang belajar sepeda motor , dia berfikir bagaimana caranya untuk bisa menjalankan sepeda motor ini dengan baik, sehingga dia belajar ke pacarnya atau selingkuhannya untuk mengetahui cara menjalankan motornya.
Saat sudah tau dia dapat mengendalikan motornya dan menggunakan motornya dengan baik tanpa melanggar lalu lintas karna sudah tau pengetahuannya tentang cara mempelajari sepeda motor.
Share this article

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Creative thinking • All Rights Reserved.
Distributed By Follow | Template Design by Christian • Powered by Christian
back to top